Blog travel info wisata gunung bromo terkini dan terpercya

Kawah Bromo, Fenomena Alam Indah dan Terunik

Kawah Bromo, Fenomena Alam Indah dan Terunik


Kawah Bromo, Fenomena Alam Indah dan Terunik


Gunung Bromo adalah gunung terkenal di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan terletak di kawasan Taman Nasional Tengger Semeru (tnbts) dimana lokasinya terletak di empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.  

Gunung Bromo memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, selain terkenal dengan keindahan Sunrise - nya dipuncak penanjakan 1, bahkan juga memiliki fenomena alam yang sangat unik, yaitu "Kawah Bromo"

Kawah Bromo sendiri merupakan kawah aktif hingga kini dan juga salah satu dari "4 lokasi wisata",  yang menjadi tujuan utama bagi banyak wisatawan yang biasanya dikunjungi setelah tour sunrise di penanjakan 1.

Sejarah Kawah Gunung Bromo

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Kawah, disini kami akan mengupas sedikit asal usul nama "Tengger" terlebih dahulu, yang mana tengger itu sendiri merupakan nama sebuah suku adat di kawasan Gunung Bromo.

Sejarah dan legenda menurut cerita rakyat kawasan taman nasional tengger, asal usul nama tengger berasal nama tokoh legendaris yang oleh suku tengger sendiri dianggap sebagai leluhurnya, yaitu Roro Anteng dan Joko Seger.

Sedangkan Kawah sendiri menurut mereka berasal dari letusan Gunung Tengger yang hingga saat ini populer dengan sebutan Kawah Bromo. 

Kawah Bromo dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat) sementara daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah.

Berawal dari sejarah itulah, sekarang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di kawasan taman nasional Tegger Semeru, sehingga Kawah selalu dimasukkan dalam itinerary program Paket Wisata Bromo.

Misteri Kawah Gunung Bromo

Benarkah ada banyak misteri dan kejanggalan di balik keindahan kawah tengger atau cerita itu hanyalah mitos belaka, lalu seperti apakah penampakan Kawah Gunung Bromo sekarang?

Percaya atau tidak, Misteri Kawah Bromo kita kembalikan pada hak dan kepercayaan kita masing masing, bahwa di sekitar tengger terdapat istana yang tingginya 18 tingkat dan Anda bisa bertanya sendiri pada penduduk yang tinggal di kawasan Gunung Tengger.

Bahakan penduduk setempat, mempercayai bahwa istana yang tingginya 18 tingkat itu di bangun oleh Ki Brohmo atau dewa Brahma. Tidak sebatas itu, warga sekitar Tengger juga mempercayai, bahwa ketika Gunung Bromo sedang erupsi.

Itu menandakan bahwa dewa brahma tengah melanjutkan pembangunan dari istana tersebut, dan pada waktu erupsi itu juga, ki Brohmo membutuhkan sesajen yang berupa palawija.

Akan tetapi warga sekitar Tengger juag mempercayai, bahwa erupsi dari kawah tersebut merupakan sebuah peristiwa yang membawa berkah bagi warga sekitar Gunung Bromo, karena adanya erupsi pada kawah, tanah pertanian dikawasan tengger akan lebih subur, begitulah menurut kepercayaan warga setempat.

Berapa Kedalaman kawah Bromo

Sebagai gunung berapi aktif dan tempat wisata terkenal di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia yang terkenal memiliki spot menarik disekitarnya, menurut prediksi, Kedalaman Kawah Gunung Bromo memiliki garis tengah kurang lebih 800meter (utara-selatan) dan kurang lebih 600meter (timur-barat).

Pada intinya, Kawah Bromo memiliki kedalaman mencapai 200-600 meter, dan, terdapat daerah berbahaya berupa sebuah lingkarang dengan jari-jari 4 kilo meter dari pusat kawah.

Dan sehubungan Gunung Bromo tergolong gunung berapa aktif hingga sekarang, kami sangat menyarankan bagi yang melakukan wisata keluarga, utamanya wisatawan yang membawa anak dibawah 1 tahun untuk tidak medekati kawah, karena sangat berbahaya.

Demi melengkapi, jika anda ingin mengunjungi Kawah Gunung Bromo sekaligus tempat wisata menarik lainnya, disini kami memiliki beberapa pilihan Paket Wisata Bromo rekomendasi yang sangat banyak diminati oleh wisatawan, diantaranya :
Untuk info selengkapnya mengenai "Kawah Gunung Bromo", Tempat wisata lainnya, Sewa Jeep Bromo, Booking tiket online, Fasilitas wisata atau pilihan paket wisata, silahkan hubungi kontak kami.

Kawah Bromo, Tempat Wisata Sekitar Gunung Bromo

Labels: Tempat Wisata Sekitar Gunung Bromo

Thanks for reading Kawah Bromo, Fenomena Alam Indah dan Terunik. Please share...!

Back To Top