Blog travel info wisata gunung bromo terkini dan terpercya

Perbedaan Penanjakan 1, 2 dan 3 Gunung Bromo

Perbedaan Penanjakan 1, 2 dan 3 Gunung Bromo


Perbedaan Penanjakan 1, 2 dan 3 Gunung Bromo



Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif hingga saat ini yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Indonesia. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter dan terletak di empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. 

Sebagai tempat wisata terkenal dengan keindahan matahari terbitnya, dan beberapa spot menarik lainnya di kawasan Taman Nasional Tengger Semeru, Gunung Bromo menjadi tujuan utama bagi semua wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Pada umumnya, wisatawan liburan di wisata Bromo hanya untuk mengunjungi 4 spot terbaik (penanjakan, kawah, savana & pasir berbisik), akan tetapi ada yang lebih penting bagi pengunjung wisata Bromo, yaitu untuk melihat Sunrise di puncak Penanjakan 1.

Ada berapa View Point Sunrise di Gunung Bromo

Jika kita berbicara tentang semua spot sunrise yang ada di kawasan wisata Bromo, tentu kita membutuhkan banyak ulasan, karena selain puncak Penanjakan, Gunung Bromo memiliki banyak tempat untuk menyaksikan matahari terbit atau Bromo sunrise. Berikut daftar tempat untuk melihat sunrise di Bromo : 

1. Penanjakan 1
2. Penanjakan 2
3. Penanjakan 3
4. Bukit Kingkong
5. Bukit Cinta
6. Puncak Kawah
7. Segitiga Sruni
8. Tanjakan Cinta
9. Lava View area

Itulah spot-spot untuk melihat sunrise di kawasan Gunung Bromo, akan tetapi disini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai tempat yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat sunrise di Gunung Bromo.

Ada 3 spot terbaik yang menjadi tujuan utama untuk melihat sunrise bagi semua wisatawan yang liburan di Gunung Bromo, 3 spot itu adalah Penanjakan 1, Sruni Point dan Mentigen.

Apa Perbedaan Penanjakan 1 dan 2 Gunung Bromo


Sebelum membahas lebih jauh mengenai puncak Penanjakan 3 Mentigen, kami akan membahas mengenai Perbedaan antara puncak Penanjakan 1 dengan puncak Penenjakan 2, terlebih dahulu.

Pada umumnya wisatawan liburan ke Wisata Bromo mempunyai target untuk bisa sampai di puncak view point 1, karena view point 1 merupakan puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Bromo, tentu panorama dari view ponit 1 ini lebih bagus dibanding dengankan dengan view pont 2 dan 3.

Sebetulnya Perbedaan Penanjakan 1 dan 2 Bromo tidaklah banyak, bahkan view point 1 dan 2 sama-sama memliki kelebihan tersendiri, sehubungan pananjakan 1 sudah terkenal sebelumnya, maka wisatawan seakan-akan terpaku ke view point 1 saja. Baik,, kami akan mulai dari membahas puncak Penanjakan 1.


Penanjakan 1 atau View Point 1 merupakan puncak tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Penanjakan 1 sangat terkenal bagi pengunjung Bromo, dikarenakan puncak 1 ini merupakan tempat terbaik untuk melihat wisata matahari terbit (sunrise tour).

Sebagai puncak tertinggi 2.770 mdpl di kawasan Gunung Bromo, tentu semua panorama di kawasan wisata Bromo tanpak lebih indah. Jadi wajar jika spot ini menjadi tumpuan utama bagi wisatawan baik lokal maupun asing.

Selain menjadi view utama di sekitar Gunung Bromo untuk menyaksikan Sunrise, puncak view point 1 Gunung Bromo merupakan tempat terbaik untuk memotret bintang galaxy yang populer dengan wisata Milky Way.

Lokasi pananjakan 1 terletak di sebelah barat yang masih dalam lingkup kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lebih tepatnya berada di Desa Wonokitri Pasuruan, Surabaya, Jawa Timur. 

Mengenai fasilitas, Penanjakan 1 termasuk destinasi wisata yang paling nyaman sekaligus dilengkapai dengan beberapa fasilitas bagi pengunjung, diantaranya ; Toilet, Kamar mandi, Musollah, Warung makan, Parkir dan tempat sewa alat-alat tour.

Dan sehubungan lokasi terletak di puncak paling tinggi dan jalur menuju view point 1 ini sangat extrem, maka untuk mengujungi lokasi Pananjakan 1 membutuhkan kendaraan khusus, yaitu Jeep Bromo.


Penanjakan 2 Gunung Bromo atau puncak 2 Sruni Point merupakan puncak tertinggi kedua 2.400 mdpl di kawasan Taman Nasional Tengger Semeru. Pananjakan 2 adalah sebuah tempat Alternatif untuk melihat Sunrise ketika view point Penanjakan 1 sudah dipenuhi oleh pengunjung.

Bila musim liburan tiba, seperti halnya lebaran idul fitri, sekolah, natal, imlek, kasada, atau hari nasional lainnya, view point pananjakan 1 dipastikan penuh dengan pengujung, dan ketika itu kita harus berangkat lebih awal, karna kalu tidak, dipastikan kita tidak akan mendapatkan tempat yang nyaman di puncak penanjakan 1.

Lalu bagaimana ketika puncak Penanjakan 1 sudah full pengunjung, apakah ada tempat lain untuk melihat Sunrise,? Ketika pananjakan 1 sudah tidak bisa memadai, solusi terbaik untuk menyaksikan sunrise di Bromo adalah di puncak pananjakan 2, yakni di puncak Seruni Ponit.

Penanjakan 2 sruni ber-lokasi di Desa Seruni, Sukapura, Probolinggo. Kelebihan dari pada puncak Pananjakan 2 adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk program tour Bromo camping, bahkan Penanjakan 2 tergolong view terbaik untuk melihat Milky Way.


Penanjakan 3 atau puncak Bukit Mentigen adalah puncak tertinggi ketiga dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Penanjakan 3 Bukit Mentigen terletak di Lawang Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Surabaya, Jawa Timur.

Penanjakan 3 Mentigen sendiri berada di sisi timur laut Gunung Bromo. Dari Bukit Mentigen, pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok lebih tanpak indah, pesona awan lekat seakan lebih indah jika sebagai alternatif tempat berburu foto-foto.

Penanjakan 3 Bukit Mentigen terbilang masih alami. Karena akses jalan hanya setapak di punggung Penanjakan 3 Mentigen, namun siapa sangka, bahwa Pananjakan 3 Mentigen selaian jadi view alternatif sunrise, Penanjakan 3 merupakan titik pandang terbaik untuk melihat matahari terbenam (sunset tour).

Itulah 3 spot yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dan terbaik untuk melihat keindahan sunrise di sekitar wisata Gunung Bromo.

Untuk info selengkapnya, mengenai Perbedaan Penanjakan 1, 2 dan 3 Gunung Brommo, Tempat wisata sekitar Bromo, Pilihan Paket Wisata Bromo, Fasilitas wisata, silahkan hubungi kontak kami.

Perbedaan Penanjakan 1 dan 2 di Gunung Bromo

Back To Top