Blog travel info wisata gunung bromo terkini dan terpercya

Penanjakan 1, Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Bromo

Penanjakan 1, Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Bromo


Penanjakan 1, Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Bromo



Gunung Bromo adalah salah satu wisata Surabaya yang terletak di empat wilayah kabupaten, yakni Kapaten Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang. Gunung Bromo sendiri termasuk gunung berapi aktif hingga sekarang, dan termasuk wisata di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sebagai tempat wisata terbaik di Jawa Timur, Gunung Bromo memiliki beberapa spot menarik yang membuat wisatawan tidak bosan untuk liburan di Gunung Bromo. Diantara spot-spot menarik di kawasan wisata Gunung Bromo adalah :

1. Penanjakan 1 Bromo
2. Penanjakan 2 Sruni Point
3. Penanjakan 3 Mentigen
4. Kawah Gunung Bromo
5. Padang Rumput Savana
6. Pasir Berbisik Bromo
7. Bukit Kingkong 
8. Bukit Cinta Bromo
9. Pasir Widodaren

Itulah spot - spot terbaik dan menarik di kawasan wisata Gunung Bromo, namun ada 4 lokasi favorit bagi wisatawan Bromo, dan 4 lokasi tersebut ada satu tempat istimewa dan utama yang menjadi alasan wisatawan liburan ke Gunung Bromo, yaitu puncak Penanjakan 1 Bromo.

Penanjakan 1 , Spot Terbaik Melihat Sunrise di Bromo

Penanjakan 1 atau view point 1 di Gunung Bromo merupakan puncak tertinggi di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sebagai tempat tertinggi, tentu puncak Penanjakan 1 merupakan tempat terbaik untuk untuk melihat Bromo Sunrise.

Berapa ketinggian Penanjakan 1,? Puncak Penanjakan 1 Bromo memiliki ketinggian 2.770 mdpl, yang Lokasi-nya terletak di sebelah barat di bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lebih tepatnya berada di Desa Wonokitri Pasuruan, Surabaya, Jawa Timur.

Pada umumnya, wisatawan liburan ke Gunung Bromo hanya untuk melihat keindahan wisata sunrise dari puncak penanjakan 1 Bromo, bahkan puncak penanjakan 1 merupakan destinasi wisata utama bagi semua wisatawan Bromo, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Karena selian menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan wisata matahari terbaik di Bromo, puncak penanjakan merupakan spot dimana semua pengunjung dapat melihat semua panorama indah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Selain sebagai lokasi terbaik untuk melihat Wisata Bromo Sunrise, puncak Penanjakan 1 juga sangat cocok untuk program tour camping, baik camping group atau camping keluarga, karena Penanjakan 1 memiliki Fasilitas wisata yang sangat lengkap.

Apakah sebatas itu.? oh tentu tidak. Penanjakan 1 bukan saja menjadi tempat terbaik untuk melihat sunrise, akan tetapi view point 1 ini juga menjadi lokasi terbaik untuk wisata bintang galaxy yang populer dengan wisata Bromo Milky Way. 


Bagaimana cara ke penanjakan 1 Bromo,? Jalan menuju ke puncak Penanjakan 1 tentu sangat mudah bagi mereka yang pernah liburan ke Wisata Bromo, namun tidak bagi wisatawan yang belum pernah sama sekali liburan ke wisata Gunung Bromo.

Ada berapa cara untuk menuju ke puncak penanjakan 1 Bromo, yakni kita dapat menggunakan kendaraan sendiri, mobil pribadi atau naik motor hingga sampai ke puncak area.

Akan tetapai cara itu jarang digunakan oleh wisatawan, karena jalur menuju ke puncak penanjakan 1 Bromo sangatlah berbahaya, jalan sangat menanjak dan penuh dengan tikungan tajam, lebih-lebih baru pertama kali ke Bromo.

Maka dari, demi keselamtan dan kesuksesan tour Bromo Anda, kami sangat menyarankan untuk menggunakan kendaraan khusus yang telah disediakan oleh pengelola wisata, yaitu Jeep Bromo.

Waktu yang Tepat untuk ke Penanjakan Bromo


Kapan waktu yang tepat untuk ke Penanjakan 1,? Waktu yang sangat tepat dan sesuai standart tour Bromo sekitar pukul 03:00 AM atau jam 2 pagi, baik dari jalur Probolinggo, Sukapura, Malang atau dari Pasuruan.

Namun untuk musim liburan sebaiknya berangkat lebih awal sekita pukul 01:30, karena disaat musim libur, wisata Bromo penunh dengan pengunjung, dan mereka sama-sama ingin mendapatkan tempat nyaman ketika menyaksikan Bromo Sunrise.

Maka disaat itu juga, jika kita tidak berangkat lebih awal, otomatis kita tidak akan mendapatkan tempat yang sesuai keinginan kita, resikonya tidak akan mendapatkan tempat yang sesuai keinginan kita disaat menyekasikan Bromo Sunrise.

Lalu bagaimana jika puncak Penanjakan 1 full pengunjung, apakah ada Alternatif lain atau tempat lain untuk melihat Bromo Sunrise,? Jika puncak Penanjakan 1 sudah tidak dapat memadai, solusinya melihat sunrise dari Puncak Penanjakan 2 Sruni Point.

Apa perbedaan penanjakan 1 dan 2 bromo, untuk mengetahu lebih lengkap, lihat Perbedaan Penanjakan 1 dan 2 Gunung Bromo.

 

Tempat Tour Camping Terbaik di Bromo 


Bagi wisatawan yang ingin mendirikan tenda camping di Bromo, Penanjakan 1 Bromo adalah salah satu tempat terbaik untuk wisata camping, baik untuk camping group atau camping bersama keluarga (tour family).

Disaat musim kemarau, dapat dipastikan puncak penanjakan 1 penuh dengan wisatawan yang mendirikan tenda camping, karena selain dekat dengan lokasi untuk melihat sunrise, penanjakan 1 merupakan lokasi yang memilki fasilitas lengkap bagi wisatawan.

Diantara fasilitas di puncak penanjakan 1 adalah ; Kamar mandi, Toilet, Musollah, Warung makan, dan Tempat perlengkapan tour bagi wisatawan, itulah kelebihan dari pada puncak Penanjakan 1 Gunung Bromo.

Untuk Info selengkapnya mengenai "Penanjakan 1 Gunung Bromo", Tempat wisata sekitar Bromo, Fasilitas wisata, Pilihan Paket Wisata Bromo dan informasi wisata lainnya, silahkan hubungi kontak kami.

Penanjakan 1, Spot Terbaik Melihat Sunrise di Gunung Bromo

Back To Top