Blog travel info wisata gunung bromo terkini dan terpercya

Air Terjun Madakaripura, Tempat Wisata Menarik Dekat Gunung Bromo

Air Terjun Madakaripura, Tempat Wisata Menarik Dekat Gunung Bromo


Air Terjun Madakaripura, Tempat Wisata Menarik Dekat Gunung Bromo


Air Terjun Madakaripura adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang sangat menarik dan patut dikujunginya ketika tour ke Gunung Bromo.

Air terjun Madakaripura masuk daftar tempat wisata populer di Jawa Timur dan masih satu kawasan dengan Gunung Bromo, yakni berada dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sebagai tempat wisata dekat Gunung Bromo, tentu wisata Madakaripura senantiasa dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik sebelum atau sesudah program wisata Bromo.

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl, bahkan Madakaripura masuk kategori wisata air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan nomor 2 tertinggi di Indonesia.

Daya tarik lainnya daripada wisata Madakaripura (waterfall tour) adalah, dimana air terjunnya berbentuk ceruk dikelilingi bukit yang disertai tetesan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan.

Uniknya lagi, air terjun Madakaripura ini berbentuk goa dengan ketinggian kurang lebih 200 meter. Jadi, tidak heran jika Madakaripura dikaitkan dengan sejarah kuno, yakni tempat bersemedinya patih Gajah Mada.

Mitos Air Terjun Madakaripura

Asal Usul nama Madakaripura berasal dari kata Mada (nama dari gajah mada), Kari (sisa), Pura (pure / tempat sembahyang) dan jadilah nama "Madakaripura".

Sejarah Air Terjun Madakaripura menurut penduduk setempat, konon Madakaripura merupakan tempat bersemedi atau tempat terkhir patih Gajah Mada, seorang patih dari kerajaan majapahit.

Goa yang berada di belakang air terjun Madakaripura dipercaya sebagai tempat meditasi patih gajah mada. Ada pula yang mengartikannya sebagai peristirahatan terkahir Gajah Mada. 

Karena, ada sebuah legenda menyebutkan bahwa Gajah Mada moksa (lepas dari ikatan duniawi dan putaran reinkarnasi) di tempat ini.
Lokasi Air Terjun Madakaripura : Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Pilihan Rute Menuju ke Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di kabupaten Probolinggo dan masih berada di kawasan taman nasional Bromo tengger semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Surabaya, Jawa Timur.

Ada 3 pilihan titik atau rute menuju ke lokasi wisata Madakaripura, yaitu Tongas Probolinggo, Kota Probolinggo dan Gunung Bromo. 3 titik tersebut dapat anda akses dari Surabaya, Malang Batu, Banyuwangi atau dari pusat kota area Surabaya lainnya.

1. Tongas Probolinggo

Tongas adalah sebuah desa di Probolinggo sekaligus salah satu jalur cepat dan aman menuju ke wisata air terjun Madakaripura. (surabaya / malang / banyuwangi - tongas probolinggo - lumbang - air terjun madakaripura)

2. Kota Probolinggo

Kota Probolinggo merupakan salah satu akses paling mudah menuju ke air terjun Madakaripura. (surabaya / malang / banyuwangi - kota probolinggo - lumbang - air terjun madakaripura)

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah tempat wisata yang terletak di satu kawasan dengan air terjun Madakripura, yaitu Taman Nasional Bromo tengger Semeru. (gunung bromo - lumbang - air terjun madakaripura)

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Harga tiket masuk ke wisata Madakaripura relatif murah, yakni di Rp 11.000/orang + Rp 5.000 untuk pemerintah daerah dan Rp 6.000 untuk Perhutani. 

Selain itu ada biaya tambahan untuk parkir, pengunjung dikenakan biaya berbeda, yakni Rp 5.000 untuk parkir bagi kendaraan roda dua, Rp.10,000 untuk biaya parkir mobil.

Dan perlu kami informasikan, bagi wisatawan yang naik kendaraan roda dua bisa langsung ke lokasi air terjun, tapi bagi wisatawan yang naik mobil pribadi, masih membutuhkan jasa sewa ojek, karena tempat parkir mobilnya berjuahuan dengan lokasi air terjun.

Paket Wisata Air Terjun Madakaripura

Untuk liburan ke air terjun Madakripura, Anda bisa melakukan secara pribadi (private tour) atau open trip ke Madakaripura yang disediakan oleh travel agen.

Namun, jika Anda ingin lebih relax sepanjang perjalanan, kami sarankan untuk menggunakan jasa travel agency yang menyediakan perjalanan atau program Paket Wisata Madakripura.

Disini kami juga akan memberikan gambaran pilihan tempat atau paket wisata madakaripura yang dapat anda gabungkan dengan wisata menarik lainnya, diantaranya :
Untuk Info selengkapnya, mengenai "Air Terjun Madakaripura Probolinggo", Fasilitas, Harga tiket masuk, Sewa mobil, Jeep Bromo atau pilihan paket wisata, silahkan hubungi travel agen kami.

Tempat Wisata Menarik Dekat Dengan Gunung Bromo

Labels: Madakaripura, Paket Wisata Madakaripura

Thanks for reading Air Terjun Madakaripura, Tempat Wisata Menarik Dekat Gunung Bromo. Please share...!

Back To Top